Jumat, 13 Juni 2014

KONSEP BERMAIN

KONSEP BERMAIN
Pengertian
            Bermainmerupakankegiatan yang dilakukansecarasukarelauntukmemperolehkesenangandanbermainmerupakancerminankemampuanfisik, intelektual, emosionaldan social.
FungsiBermain
*      Perkembangansensorimotorik
*      Perkembangankognitif
*      Perkembangankreatifitas
*      Perkembangan social
*      KesadaranDiri (Self Awareness)
*      Perkembangan moral
*      Therapi
*      Sebagaialatkomunikasi
TujuanBermain
*      Dapatmelanjutkanpertumbuhandanperkembangan yang normal
*      Dapatmengekspresikankeinginan, perasaandanfantasimelaluipermainan
*      Dapatmengembangkankratifitasmelaluipengalamanbermain yang tepat
*      Dapatberadaptasilebihefektifterhadap stress karenasakitdandirawat di rumahsakit.

Faktor yang mempengaruhiBermain
*      Tahapperkembangan
*      Status Kesehatan
*      JenisKelamin
*      Lingkungan
*      Alatpermainan yang cocok
KlasifikasiBermain
Menurut Isi
*      Sosial Play
*      Sense of pleasure play
*      Skill Play
*      Dramatik Play
MenurutKarakteristikSosial
*      Solitary Play
*      Pararel play
*      Associative Play
*      Cooperative play
*      Onlocker  play



KarakteristikBermainSesuaiTahapPerkembangan
Bayi
*      Tumbuhkembangpesatàberikanpermainan yang berbedaàbermain yang menonjolà affective play dan sense of pleasure play.
1 bulan
*      Visual àMelihatjarakjauhàgantungkanbendaygterang
*      Auditory àBicara/menyanyidenganbayiàmusik, radio, jam
*      Tactile àDipeluk/digendong
*      Kinetic àdiayun, keretauntujalan-jalan
2 – 3 bulan
*      Visual àBeriobjekwarnaterang, bawabayikeruangberbeda, letakkanbayi agar dapatmemandangsekitar
*      Auditoryàbicaradenganbayi, berimainan yang berbunyi, ikutsertakandalampertemuankeluarga
*      TactilàBelaiwaktumandi, sisirrambutdenganlembut, gosokdengan lotion/bedak, berikanpengurutan.
*      Kinetic àjalanjalandengankereta, gerakanberenang
4 – 6 Bulan
*      Visual àbericermin, bawanonton TV, berimainanwarnaterang
*      Auditoryàajakbicara, ualangisuara yang dibuatnya, panggilnama, remaskertasdekattelinga, letakkanmainan yang berbunyidekattelinganya.
*      TactileàBerimainanberbagaiteksturlembut, kasar, bermain air, masukkandalambakmandisaatmandidanKineticàbantu telungkup, sokongsaatduduk
7 – 9 Bulan
*      Visual àBerimainanwarnaterang, bergerak, bunyi yang lebihbesar, bericermin, ciluk baa, Bero bola diikat
*      AudotoryàPanggilnamanya, namabagianbagiantubuh, beritahuapa yang andalakukan, ajarkantepuktangan, beriperintahsederhana.
*      Tactile àmerababahandenganberbagaitextur, main air mengalir.
*      Kinetic àLetakkanbayidilantai, berdirikanuntukmenahan BB, letakkanmainanagakjauhdansuruhuntukmengambilnya
10 – 12 Bulan
*      Visual àPerlihatkangambarterang, bawaketempatberbeda, mis : Super market, kebunbinatang, tunjukkanbangunan yang agakjauh, bermain bola
*      Auditory àKenalkansuarabinatangtiruan, tunjukkanbagiantubuhdansebutkan
*      TactileàBerimakanan yang dapatdipegang, kenalkandinginpanas.
*      Kinetic àberimainan yang dapatditarikdandidorong
Toddler
*      Mainan yang dapatdidorong  
*      Crayon dankertas
*      Alatalatmasak                        
*      Balokdgnbermacambentuk
*      Malam/lilin                                         
*      Gambargambardlmbuku
*      Boneka/Bola danTelepon
Prasekolah
*      PeralatanRumahtangga          
*      Bukudengan kata-kata simpel
*      Sepedarodatiga                      
*      Alat-alatolah raga
*      Lilin/Boneka                          
*      Kapalterbang, mobiltruk
            UsiaSekolah
*      6 – 8 Tahun
*      Kartu                                                   -  AlatOlah raga
*      Boneka                                                -  Buku-buku
*      Alat-alatuntukmenulis             -  Sepeda
*      8-12 tahun
*      Buku
*      Mengumpulkanperangko
*      Main Kartu
*      Olah raga (Renang, sepeda, sepaturoda, pingpong)
            Remaja
*      Sepak bola                  
*      Basket
*      MendenganMusik, BulutangkisdanBuku
            Bermain di RumahSakit&Keuntunganbermain di RumahSakit
*      Meningkatkanhubungan P – K di RS
*      Dapatmengekspresikanperasaantidakenak
*      Memulihkan rasa mandiripadaanak
*      Meningkatkanpenguasaanpengalaman
*      Membinatingkahlaku yang positif
*      Alatkomunikasi P – K
            Kegiatan yang Kreatifuntukanak di RS
*      Role play                                
*      Bercerita
*      Pantomin                                
*      Melukis, menggambar
*      Pengalamansensori     
*      Menulisceritatentang RS
            AlatBermainUntuk RS
*      Bonekasbgkeluarga&staf RS
*      Kertas
*      Perlengkapanrumah    
*      Pensil
*      Baju RS                                              
*      Block, AlatkedokterandanperawatandanMiniatur RS
PrinsipBermain di RS
*      Tidakmembutuhkanenergi
*      Permainan simple
*      Kegiatan yang singkatwaktunya
*      Mempertimbangkankeamanan (luka, infeksisilang)
*      Kelompokumur yang sama
*      Melibatkan orang tua
*      Permaianantidakbertentangandenganpengobatan
SemuaalatbermainHarusdapatdicucidandidesinfeksi

1 komentar:

  1. Shooting Casinos In Oregon | Shootercasino
    Shooting Casinos. In Oregon, the aim 인카지노 of this site is to 제왕 카지노 help you find and enjoy an 메리트카지노총판 exciting gambling atmosphere at an affordable price.

    BalasHapus